HOME _.:._ BLOG _.:._ BUSINESS _.:._ PHOTO _.:._ SEARCH

Tuesday, January 20, 2009

Kesempatan Berinvestasi dengan Sukuk Ritel

informasi buat rekan rekan yang pengen berinvestasi

Sukuk Ritel Terbit 25 Februari
(http://www. kompas.com/ read/xml/ 2009/01/07/ 13104029/ sukuk.ritel. terbit.25. februari. .)



Artikel Terkait:


Rabu, 7 Januari 2009 | 13:10 WIB

JAKARTA, RABU — Pemerintah akan resmi menerbitkan sukuk ritel pada 25 Februari 2009. Masa penawarannya mulai 6 Februari 2009 hingga 20 Februari 2009.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Utang Departemen Keuangan Rahmat Waluyanto di Jakarta, Rabu (7/1), mengatakan, sukuk ritel yang sasarannya adalah individu WNI akan merupakan salah satu sumber pembiayaan APBN 2009.

"Jenis akad sukuk ritel yang akan diterbitkan adalah ijarah sale and lease back dengan underlying assets berupa barang milik negara berupa tanah dan/atau bangunan yang saat ini sedang digunakan oleh Depkeu," kata Rahmat.

Ia menyebutkan, sukuk ritel perdana yang diterbitkan memiliki tenor (jangka waktu) 3 tahun (jatuh tempo 25 Februari 2012) dengan nominal per unit Rp 1 juta.

Minimum pembelian sebesar Rp 5 juta dan kelipatannya serta tidak ada batas maksimum pembelian. Tanggal penjatahan akan dilakukan 23 Februari 2009, dan pencatatan di bursa pada 26 Februari 2009.

Tingkat imbal hasil akan ditentukan satu hari sebelum tanggal penawaran. Imbal hasil itu akan dibayarkan secara bulanan (tiap tanggal 25).

Untuk mendukung penerbitan sukuk negara ritel, pemerintah telah menunjuk konsultan hukum dan agen penjual. Konsultan hukum dimaksud adalah Marsinih Martoatmodjo Iskandar Kusdihardjo Law Office.

Sementara agen penjual terdiri dari 13 perusahaan yaitu 4 bank umum konvensional, 1 bank umum syariah, dan 8 perusahaan efek.

Bank umum konvensional dimaksud adalah Bank Mandiri, Bank Citibank, Bank HSBC, dan Bank BII. Bank umum syariah adalah Bank Syariah Mandiri. Sedang perusahaan efek adalah Danareksa Sekuritas, Trimegah Securities, Andalan Artha Advisindo Sekuirtas, Reliance Securities, Anugerah Securindo Indah, Bahana Sekurities, dan BNI Securities.

No comments:

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.