HOME _.:._ BLOG _.:._ BUSINESS _.:._ PHOTO _.:._ SEARCH

Wednesday, June 24, 2009

Kopi Cegah Nyeri Otot

Bagi sebagian masyarakat, terutama pekerja keras, meminum secangkir kopi merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan sebelum menjalankan aktifitasnya.


Secara disengaja atau tidak, ternyata kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan otot manusia dalam menjalankan aktifitas yang bersifat keras.


Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan kalau meminum dua cangkir kapi sebelum bekerja berat ternyata mampu menurunkan resiko munculnya cedera otot.


Para ahli telah menemukan kalau pria muda yang beraktifitas mengayuh sepeda ternyata memiliki resiko cedera otot yang rendah setelah mengkonsumsi kopi sebelum mengayuh.


Laporan mengenai hasil penelitian itu dimuat pada International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism, terbitan akhir pekan lalu.


Hasil penelitian dari kelompok peneliti yang dipimpin oleh peneliti senior Robert W.Motl, profesor kinesiology kesehatan masyarakat pada Universitas Illinois, Champaign tersebut semakin memperkuat bukti-bukti dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan kalau kafein dapat mencegah munculnya nyeri atau cedera otot yang terjadi akibat kerja keras.


Dalam penelitiannya, Robert dan timnya telah melibatkan responden 25 pria muda yang kondisi tubuhnya segar bugar. Responden itu kemudian dibagi menjadi dua kelompok.


Kelompok pertama diberikan konsumsi kafein dalam jumlah minim. Sedangkan kelompok lainnya diberikan konsumsi sedikitnya 400 gram sehari setara dengan tiga atau empat gelas minuman kopi.


Kedua kelompok ini kemudian diberikan treatmen berupa mengayuh sepeda selama 30 menit sebanyak dua tahap. Hasilnya, ternyata pria yang diberikan konsumsi dua atau tiga cangkir kopi satu jam sebelum mengayuh, memiliki resiko nyeri atau cedera otot lebih rendah ketimbang mereka yang tidak diberikan konsumsi kopi sebelum bekerja.


Hasil penelitian itu memang cukup mengajutkan juga. Pasalnya, telah lama orang curiga akan efek negatif dari kopi, sehingga cukup mengherankan bahwa mengkonsumsi 2-4 cangkir kopi setiap hari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.


Berdasarkan penelitian, satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100150 miligram kafein.

Kafein diketahui dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernafasan, dan sistem pembuluh darah serta jantung. Oleh karena itu tidak heran setiap minum kopi dalam jumlah wajar (13 cangkir), tubuh kita terasa segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah, atau pun mengantuk.


Kafein yang terkandung di dalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin.


Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), maupun obat-obatan. Selain itu, kafein bisa membantu berpikir lebih cepat, terbukti mampu memberikan ‘sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.

No comments:

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.